1047 Aparat Pemerintah Desa Ikuti Bimtek ADD

1047 Aparat Pemerintah Desa Ikuti Bimtek ADD

30 Mar 2015 19:44 Berita 2811 kali 2

Pasuruan - Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan dukungan dana oleh pemerintah pusat dan daerah pada pemerintah desa dalam upaya peningkatan pelayanan dasar dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam rangka pencapaian tujuan, pemerintah desa.
Pagi hari ini 30/3 pelaksanaan bimbingan teknis 2015 di gedung Graha Bina Praja Hayam Wuruk Kantor Bupati, sebanyak 1047 orang terdiri dari Sekdes 341 orang, bendahara 341, orang ketua BPD 341, dan 24 orang Kasi Pemerintahan Kecamatan melaksanakan bitek selama 2 hari untuk desiminasi secara luas akan kebijakan dan informasi tentang ADD
Maksud dan tujuan dari bimtek 2 hari, dijelaskan Kepala Bappemas Tri Agus Budiharto dalam sambutannya, guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang sistem perencanaan pembangunan desa, meningkatkan pengetahuan kemampuan peserta tertib administrasi desa secara teknis, dan pemahaman tentang mekanisme desa serta kemampuan perencanaan secara pastsipatif utntuk pembangunan desa.
Sekretaris Daerah Agus Sutiadji saat membuka Bimtek, menjabarkan dalam sambutannya Selama ini, pembangunan desa masih banyak bergantung dari pendapatan asli desa dan swadaya masyarakat yang jumlah maupun sifatnya tidak dapat diprediksi. Selain itu, desa memperoleh pula bantuan pembangunan dari dinas/instansi pemerintah Kabupaten, dimana penentuan program-programnya telah ditetapkan oleh dinas/instansi itu sendiri (top down). Meskipun programnya baik tetapi seringkali tidak sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat desa. Akibatnya, sering dijumpai bahwa masyarakat desa kurang peduli dalam mendukung program yang ditentukan daerah maupun memeliharanya.
Tahun ini anggaran desa akan turun minim untuk tiap desa memperoleh 500 juta di tambah anggaran dari pemerintah daerah. Kedepan pihak desa harus lebih proposional dalam pengadministrasian hingga pembangunan, semisal pavingisasi, pendirian gapura sampai renovasi kantor desa.
Diharapkan juga untuk tidak tebang pilih karena rakyat desa adalah rakyat njenengan di tingkat desa, jangan sampai yang tidak mendukung anda sampeyan tinggalkan pembangunannya, ucapnya. (tin)

 

 

2 Komentar untuk "1047 Aparat Pemerintah Desa Ikuti Bimtek ADD"

Tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

Email anda tidak akan di publikasikan.