DUKUNG MIGRASI TV TERESTRIAL, PEMERINTAH UJI COBA TV DIGITAL DI 20 KOTA

DUKUNG MIGRASI TV TERESTRIAL, PEMERINTAH UJI COBA TV DIGITAL DI 20 KOTA

10 Jun 2016 17:28 Berita 5307 kali 0

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung uji coba TV Digital di tanah air. Hal ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dengan 36 Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) sebagai penyedia konten terkait Uji Coba TV Digital di Ruang Roeslan Abdulgani Gedung Kominfo, Jakarta, Kamis (09/06/2016).

Menurut Rudiantara Menkominfo, uji coba TV Digital tersebut merupakan implementasi Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2016 tentang Uji Coba Teknologi Telekomunikasi, Informatika dan Penyiaran. Dalam pelaksanaannya akan diujicoba beberapa jenis teknologi antara lain TV Digital Metode SFN (single frequency network) dan MFN (multi frequency network).

“Bagi pemerintah digitalisasi merupakan sesuatu yang harus terjadi. Kita malu dengan negara tetangga yang penduduknya sedikit saja sudah migrasi ke digital. Sehingga melalui uji coba ini, kita perlu temui dan kenali penyebab masalah yang mungkin muncul. Uji coba TV Digital ini juga terkait dengan revisi UU Penyiaran yang berbasis digital”, jelasnya.

Sementara itu, Iskandar Achmad Direktur Utama LPP TVRI menuturkan jika uji coba TV Digital Terestrial tersebut merupakan uji coba non-komersial yang akan dilakukan di 20 kota di Indonesia.  Sehingga akan diperoleh masukan dari aspek teknis dan non-teknis, meliputi kinerja perangkat dan sistem penyiaran multipleksing; perencanaan dan konfigurasi jaringan SFN, MFN, dan/atau gabungan SFN dan MFN; model bisnis penyelenggaraan siaran televisi digital; model regulasi dan kelembagaan; sosialisasi dan kesiapan para pemangku kepentingan dan mekanisme penyediaan serta distribusi set top box.

“Mulai tanggal 15 Juni 2016 s.d. 15 Desember 2016 setiap harinya pada jam 04.00 WIB s.d. 02.00 WIB, LPP TVRI akan menyediakan infrastruktur multipleksing. Sedangkan LPS mendukung pelaksanaan uji coba dengan menyediakan konten siaran non komersial”, paparnya. (Eka Maria)

 

0 Komentar untuk "DUKUNG MIGRASI TV TERESTRIAL, PEMERINTAH UJI COBA TV DIGITAL DI 20 KOTA "

Tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

Email anda tidak akan di publikasikan.