NEGARA DARURAT NARKOBA, MASYARAKAT HARUS BANGKIT IKUT PERANGI NARKOBA

NEGARA DARURAT NARKOBA, MASYARAKAT HARUS BANGKIT IKUT PERANGI NARKOBA

09 Jun 2016 16:19 Berita 5140 kali 8

Kondisi negara Indonesia sudah masuk dalam kondisi Darurat Narkoba. Hal ini karena saat ini sudah tidak ada satupun daerah di Indonesia yang terbebas dari kasus narkoba, bahkan sampai wilayah pelosok seperti Papua sekalipun. Pernyataan bernada warning atau peringatan ini disampaikan Muhammad Arifin, S.Ag, M.Ag, M.A Penyuluh Badan Narkoba Nasional Provinsi (BNNP) Jatim dalam agenda Dialog Publik bertema “Sosialisasi Narkoba & HIV/AIDS” yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan di pendopo Kecamatan Purwosari beberapa waktu lalu. 

Penilaian tersebut sangat beralasan, mengingat sampai saat ini hampir semua elemen masyarakat baik mereka yang tidak berpendidikan sampai yang berpendidikan tinggi, atau yang tidak mempunyai pengetahuan tentang agama sampai mereka yang benar-benar paham agama-pun sudah banyak yang terkena pengaruh narkoba. Sehingga bisa dikategorikan dalam kondisi Darurat Narkoba yang sudah mengarah kepada tindak pidana. 

“Makanya narkoba ini termasuk kejahatan terselubung. Jadi istilahnya kalau perang itu Proxy War, artinya perang yang tidak menggunakan senjata, tidak berhadap-hadapan, tapi cukup dengan menggunakan pihak ketiga. Sifatnya sudah diatas bahaya laten, tapi perang yang musuhnya itu merasa tenang-tenang saja. Cukup diam dan duduk manis, tapi lawannya itu bisa hancur karena pihak lain, ya narkoba itu. Makanya kalau ada yang mau menghancurkan negara kita, ada negara lain yang iri pada negara kita, cukup dengan narkoba saja sudah beres”, tandasrnya.

Waktu dikonfirmasi Humas Kabupaten Pasuruan, Arifin menyampaikan harapannya kepada masyarakat secara keseluruhan agar mau bekerjasama dan bersinergi dengan BNNP Jatim dalam pemberantasan kasus narkoba. Diantara dapat dilakukan berupa dukungan memerangi narkoba di semua lini, terutama dalam hal pencegahan yang dapat dilakukan secara bersama-sama dan kontinyu.        

“Jadi semua masyarakat kami harapkan ikut terlibat dalam pemberantasan narkoba, sesuai dengan Inpres No 12 Tahun 2011 dalam rangka pencegahan. Kalau dalam rangka rehabilitasi kan memang murni ikut wilayah BNN. Tapi kalau soal pencegahan, itu semua masyarakat juga punya kewajiban. Jadi harapan kita, masyarakat sekarang ini tidak malu-malu lagi untuk menyampaikan, kalau ada remaja yang menggunakan narkoba. Kalau memang ternyata dia korban ya akan kami tangani, kami rehab. Kalau ndak, ya nanti akan bisa menjadi dalam pasal penyalahguna. Bedanya, kalau dia lapor, itu kami anggap korban. Tapi kalau karena dia semisal tertangkap, itu berarti sudah tidak bisa jadi korban lagi, karena itu sudah masuk bagian dari kejahatan narkobanya. Makanya kami sosialisasi, kami sampaikan, supaya kami bisa membantu, mengatur secara full terhadap masalah narkoba”, kata pria ramah berpredikat Penyuluh Narkoba Terbaik Tingkat Nasional yang sebelumnya pernah mengemban tugas di Unicef ini.

Kegiatan Dialog Publik yang menghadirkan Tim Penyuluh dari BNNP Jatim ini merupakan upaya Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan dalam melakukan sosialisasi Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang Narkoba dan HIV/AIDS. Hadir sebagai audience, sekitar 100-an peserta dari beberapa kelompok masyarakat. Mereka terdiri dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kepala Desa/ Kelurahan, Pengurus PKK Kecamatan, Tokoh Masyarakat/ Agama, Unsur Pendidikan, Karang Taruna, Organisasi Masyarakat. Selama kurang lebih empat jam acara berlangsung dinamis dan hidup dengan banyaknya respon dari peserta berupa feedback beragam pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber. Kata Dra. Ratnawati, M.M Kabid Pemberdayaan Informasi, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kontribusi Dinas Kominfo kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. Sehingga diharapkan, dengan diseminasi informasi yang telah dilakukan akan melahirkan generasi muda sehat dan tangguh yang terbebas dari narkoba. (Eka Maria)             

 

 

7 Komentar untuk "NEGARA DARURAT NARKOBA, MASYARAKAT HARUS BANGKIT IKUT PERANGI NARKOBA "

Tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

Email anda tidak akan di publikasikan.